MASS COMUNICATION
Komunikasi massa berasal dari istilah
bahasa Inggris, mass communication artinya komunikasi yang menggunakan
media massa. Massa mengandung pengertian orang banyak, mereka tidak harus
berada di lokasi tertentu yang sama, tetapi dapat tersebar atau terpencar di
berbagai lokasi yang dalam waktu yang sama atau hampir bersamaan dapat
memperoleh pesan-pesan komunikasi yang sama.
·
Unsur-Unsur Komunikasi Massa
Harold D. Lasswell memformulasikan
unsur-unsur komunikasi dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut ”Who, Says
What, in Which Channelto, To Whom, With What Effect?”
1. Who (sumber atau komunikator), sumber utama
dalam komunikasi massa adalah lembaga atau organisasi atau orang yang bekerja
dengan fasilitas lembaga atau organisasi, yang dimaksud dengan lembaga dalam
hal ini adalah perusahaan surat kabar, stasiun radio, televisi, majalah, dan
sebagainya.
- Says what (pesan), pesan-pesan komunikasi
massa dapat diproduksi dalam jumlah yang sangat besar dan dapat menjangkau
audien yang sangat banyak, pesan-pesan itu berupa berita, pendapat,
lagu, iklan, dan sebagainya.
- In
which channel (saluran atau media), unsur ini menyangkut semua
peralatan yang digunakan untuk menyebarluaskan pesan-pesan komunikasi
massa. Media yang mempunyai kemampuan tersebut adalah surat kabar,
majalah, radio, televisi, internet, dan sebagainya.
- To
whom
(penerima, khalayak atau audien), penerima pesan-pesan komunikasi massa
biasa disebut audien atau khalayak, orang yang membaca surat kabar,
mendengarkan radio, menonton televisi, erupakan beberapa contoh dari
audien.
5. With what effect (dampak), dampak dalam hal ini
adalah perubahan-perubahan yang terjadi di dalam diri audien sebagai akibat
dari keterpaan pesan-pesan media.
·
Ciri-ciri komunikasi massa
Sedangkan ciri-ciri komunikasi
massa, menurut Elizabeth Noelle Neumann (dalam Jalaluddin Rakhmat, 1994) adalah
: Bersifat tidak langsung (harus melalui media teknis), bersifat satu arah
(tidak ada interaksi antara peserta-peserta komunikasi), bersifat terbuka
(ditujukan pada publik yang tidak terbatas dan anonim) dan mempunyai publik
yang secara tersebar.
MASS MEDIA
Media
massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber
kepada khalayak dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat
kabar, film, radio, dan TV. Media massa adalah faktor lingkungan yang mengubah
perilaku khalayak melalui proses pelaziman klasik, pelaziman operan atau proses
imitasi. Dua fungsi dari media massa adalah media massa memenuhi kebutuhan akan
fantasi dan informasi, media menampilkan diri sendiri dengan peranan yang
diharapkan, dinamika masyarakat akan terbentuk, dimana media adalah pesan.
Media
massa adalah alat-alat dalam komunikasi yang bisa menyebarkan pesan secara
serempak, cepat kepada audience yang luas dan heterogen, kelebihan media massa
dibanding dengan jenis komunikasi lain adalah ia bisa mengatasi hambatan ruang
dan waktu, bahkan media massa mampu menyebarkan pesan hampir seketika pada
waktu yang tak terbatas.
Media massa memberikan informasi tentang perubahan, bagaimana hal itu bekerja dan hasil yang dicapai atau yang akan dicapai, fungsi utama media massa adalah untuk memberikan informasi pada kepentingan yang menyebarluas dan mengiklankan produk. Ciri khas dari media massa yaitu tidak ditujukan pada kontak perseorangan, mudah didapatkan, isi merupakan hal umum dan merupakan komunikasi satu arah.
Media massa memberikan informasi tentang perubahan, bagaimana hal itu bekerja dan hasil yang dicapai atau yang akan dicapai, fungsi utama media massa adalah untuk memberikan informasi pada kepentingan yang menyebarluas dan mengiklankan produk. Ciri khas dari media massa yaitu tidak ditujukan pada kontak perseorangan, mudah didapatkan, isi merupakan hal umum dan merupakan komunikasi satu arah.
MEDIO
COMMUNICATION
Media
berarti wadah atau sarana, dalam bidang komunikasi istilah media yang sering
kita sebut sebenarnya adalah penyebutan singkat dari media komunikasi, media
komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan masyarakat. Televisi
dan radio adalah contoh media yang paling sukses menjadi pendorong perubahan.
Media
komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk memproduksi,
mendistribusikan atau menyebarkan dan menyampaikan informasi, media komunikasi
sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Proses pengiriman informasi dizaman
keemasan ini sangat canggih, teknologi telekomunikasi paling dicari untuk
menyampaikan atau mengirimkan informasi ataupun berita karena teknologi
telekomunikasi semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akurat, mudah, murah,
efektif dan efisien.
Media Komunikasi Terdiri dari :
·
Media tulisan atau cetak
Media yang mengandalkan tulisan
atau teks biasanya identik dengan koran, majalah, tabloid dan lain sebagainya
yang berasal dari proses pencarian berita, pengumpulan berita, pengolahan
berita, percetakan dan sampai pada proses distribusi kepada khalayak.
ü
Kelebihan media cetak adalah:
a) Karena media ini cetak ini hasilnya adalah berupa
tulisan atau teks maka media ini bias disimpan dan bisa di baca berulang-
ulang.
b) Selain itu juga bisa dikumpulkan dan dibuat kliping,
terutama mengenai sebuah berita yang fenomenal ataupun berita- berita yang dianggap menarik.
c)
Biasanya informasi didalamnya lebih jelas dan mampu menjelaskan hal- hal yang
bersifat kompleks ataupun investigatif.
d) Jika dilihat dari harganya, media cetak bisa di dapat
oleh khalayak dengan harga yang cukup murah. Karena dengan biaya yang cukup
murah kita bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak.
ü
Untuk kekurangan dari media cetak
adalah:
a) Media cetak
lebih lambat penyampaian beritanya dari pada media- media yang lain.
b) Media cetak hanya terbatas pada tulisan atau
teks saja meskipun beberapa didukung oleh foto atau gambar.
c) Untuk biaya produksi media cetak tergolong
mahal, karena media cetak harus dicetak dan didistribusikan sebelum dapat
dinikmati masyarakat.
·
Media Gambar
media gambar atau foto tergolong
media yang sering digunakan untuk lebih memeperjelas atau mengabadikan sebuah
peristiwa dan kejadian, bahkan sebuah berita terasa kurang jika tidak
dilengkapi gambar atau foto. Kekurangan dari media gambar atau foto ini adalah
: Media ini tidak akan jelas jika tidak diberi penjelasan yang detail, baik
dari segi waktu (hari, tanggal) atau segi kuantitas.
·
Media audio visual atau
video(televisi)
Media audio visual atau video
(televisi) merupakan media yang sekarang sedang digemari oleh khalayak. dengan
tayangan yang begitu jelas, khalayak bisa melihatnya atau memantaunya berjam-
jam, acara dalam televisisipun biasanya dikemas semenarik mungkin sehingga
khalayak dari semua kalangan baik anak- anak maupun dewasa menggemarinya.
Adapun kelebihan dari media audio
visual (televisi) ini adalah : Tidak hanya disajikan dalam bentuk suara , tapi
televisi juga didukung oleh video yang menarik
perhatian penonton, televisi bisa menyajikan laporan langsung dari
tempat kejadian dan penonton langsung bisa
mengetahui situasi dan keadaan di tempat kejadian perkara, bahasa yang
digunakan pada media televisi juga bahasa tutur seperti halnya media audio atau
radio.
Untuk kekurangan dari media televisi adalah : Produksi
media televisi masih tergolong mahal, baik dari peralatan dan skill dari SDM
nyapun juga harus yang benar- benar mengetahui tentang televise, belum lagi
untuk biaya operasional media ini cukup
mahal. Proses penyampaian berita ke masyarakat ada kalanya membutuhkan
waktu lama karena harus melewati proses
pengambilan gambar, editing dan baru bisa disiarkan ke khalayak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar