Sabtu, 20 Februari 2016

INFRASTRUKTUR DALAM KAJIAN ANTROPOLOGI (Rangkuman MK Antropologi)

Nama : Maryamatul Munawwarah
Nim : 111311006
MK  : Antropologi


INFRASTRUKTUR DALAM KAJIAN ANTROPOLOGI

       Infrastruktur adalah dasar dari sistem prodiksi masyarakat agar tetap bertahan hidup dan melestarikan lingkungannya, contohnya seperti yang dilakukan masyarakat kuno yaitu pada masa berburu dan meramu, dimana mereka pada masa tersebut tidak dibolehkan mengambil bahan pangan secara berlebihan dan dianggap sebagai penyelewengan.
       Pada masa tersebut mereka juga selalu berpindah-pindah dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya, hal ini dikarenakan keadaan alam tempat tinggal mereka. Sistem infrastruktur merupakan pendukung utama fungsi-fungsi sistem sosial dan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.
       Sistem infrastruktur dapat didefinisikan sebagai fasilitas-fasilitas atau struktur-struktur dasar, peralatan-peralatan, instalasi-instalasi yang dibangun dan yang dibutuhkan untuk berfungsinya sistem sosial dan sistem ekonomi masyarakat. Infrastruktur dapat merujuk pada teknologi informasi, saluran komunikasi formal dan informal serta alat-alat pengembangan perangkat lunak, jaringan sosial politik atau kepercayaan pada kelompok-kelompok masyarakat tertentu.
        Dalam konseptual gagasan bahwa struktur pengorganisasian merupakan penyediaan infrastruktur dan dukungan untuk sistem atau bagi layanan organisasi seperti dalam sebuah kota, negara, perusahaan, atau kumpulan orang dengan kepentingan umum.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar