Minggu, 21 Februari 2016

PRINSIP KEBEBASAN dan INDEPENDENSI MASSA

Nama   : Maryamatul Munawwarah
Nim     : 1113111006
MK      : Komunikasi Massa
Jurusan : KPI

PRINSIP KEBEBASAN dan INDEPENDENSI MASSA

            Walaupun perkembangan Grassrots Journalism melalui penggunaan weblog berkembang sangat pesat, bukan berarti jurnalisme media massa akan lenyap sama sekali, justru dengan mengakomodasi prinsip dasar dari jurnalisme, seperti kebebasan dan independensi justru gerak jurnalisme akan semakin berkembang.
            Kebebasan media itu hanya memberikan harapan bahwa media massa akan melakukan berbagai upaya aktif untuk menciptakan dan memelihara suasana independen serta menolak kontrol (pemerintah) yang dipaksakan atau konformitas dengan kelompok yang mementingkan ideologinya sendiri.
            Meskipun begitu, bukan berarti ini jalan mulus bagi kebebasan dan independensi, malah prinsip dasar jurnalistik ini seringkali tidak lepas dari berbagai praktek penyimpangan. Bukan karena negara yang memakai konsep pemerintahan komunis yang melakukan filter bagi segala pemberitaan, bahkan praktek penyimpanganpun dialami oleh negara-negara yang berasaskan demokrasi, padahal seperti diketahui bersama negara demokrasi memberikan kebebasan dalam hal berekspresi dan menyampaikan pendapat.
            Secara bersamaan dalam buku tersebut dinyatakan bahwa penyimpangan oleh media massa menimbulkan "tujuh dosa mematikan" (seven deadly sins), yakni :  Distorsi informasi, dramatisasi fakta palsu, pelanggaran wilayah privat, pembunuhan karakter, eksploitasi seks, teracuninya pikiran anak-anak dan penyalahgunaan kekuasaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar