Minggu, 21 Februari 2016

MASS COMUNICATION


MASS COMUNICATION

            Komunikasi massa berasal dari istilah bahasa Inggris, mass communication artinya komunikasi yang menggunakan media massa. Massa mengandung pengertian orang banyak, mereka tidak harus berada di lokasi tertentu yang sama, tetapi dapat tersebar atau terpencar di berbagai lokasi yang dalam waktu yang sama atau hampir bersamaan dapat memperoleh pesan-pesan komunikasi yang sama.
·         Unsur-Unsur Komunikasi Massa
            Harold D. Lasswell memformulasikan unsur-unsur komunikasi dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut ”Who, Says What, in Which Channelto, To Whom, With What Effect?”
1.       Who (sumber atau komunikator), sumber utama dalam komunikasi massa adalah lembaga atau organisasi atau orang yang bekerja dengan fasilitas lembaga atau organisasi, yang dimaksud dengan lembaga dalam hal ini adalah perusahaan surat kabar, stasiun radio, televisi, majalah, dan sebagainya.
  1. Says what (pesan), pesan-pesan komunikasi massa dapat diproduksi dalam jumlah yang sangat besar dan dapat menjangkau audien yang sangat banyak, pesan-pesan itu berupa berita, pendapat, lagu, iklan, dan sebagainya.
  2. In which channel (saluran atau media), unsur ini menyangkut semua peralatan yang digunakan untuk menyebarluaskan pesan-pesan komunikasi massa. Media yang mempunyai kemampuan tersebut adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, internet, dan sebagainya.
  3. To whom (penerima, khalayak atau audien), penerima pesan-pesan komunikasi massa biasa disebut audien atau khalayak, orang yang membaca surat kabar, mendengarkan radio, menonton televisi, erupakan beberapa contoh dari audien.
5.      With what effect (dampak), dampak dalam hal ini adalah perubahan-perubahan yang terjadi di dalam diri audien sebagai akibat dari keterpaan pesan-pesan media.


·         Ciri-ciri komunikasi massa
Sedangkan ciri-ciri komunikasi massa, menurut Elizabeth Noelle Neumann (dalam Jalaluddin Rakhmat, 1994) adalah : Bersifat tidak langsung (harus melalui media teknis), bersifat satu arah (tidak ada interaksi antara peserta-peserta komunikasi), bersifat terbuka (ditujukan pada publik yang tidak terbatas dan anonim) dan mempunyai publik yang secara tersebar.

MASS MEDIA
            Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, dan TV. Media massa adalah faktor lingkungan yang mengubah perilaku khalayak melalui proses pelaziman klasik, pelaziman operan atau proses imitasi. Dua fungsi dari media massa adalah media massa memenuhi kebutuhan akan fantasi dan informasi, media menampilkan diri sendiri dengan peranan yang diharapkan, dinamika masyarakat akan terbentuk, dimana media adalah pesan. 
            Media massa adalah alat-alat dalam komunikasi yang bisa menyebarkan pesan secara serempak, cepat kepada audience yang luas dan heterogen, kelebihan media massa dibanding dengan jenis komunikasi lain adalah ia bisa mengatasi hambatan ruang dan waktu, bahkan media massa mampu menyebarkan pesan hampir seketika pada waktu yang tak terbatas.
            Media massa memberikan informasi tentang perubahan, bagaimana hal itu bekerja dan hasil yang dicapai atau yang akan dicapai, fungsi utama media massa adalah untuk memberikan informasi pada kepentingan yang menyebarluas dan mengiklankan produk. Ciri khas dari media massa yaitu tidak ditujukan pada kontak perseorangan, mudah didapatkan, isi merupakan hal umum dan merupakan komunikasi satu arah.



MEDIO COMMUNICATION
            Media berarti wadah atau sarana, dalam bidang komunikasi istilah media yang sering kita sebut sebenarnya adalah penyebutan singkat dari media komunikasi, media komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan masyarakat. Televisi dan radio adalah contoh media yang paling sukses menjadi pendorong perubahan.
            Media komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk memproduksi, mendistribusikan atau menyebarkan dan menyampaikan informasi, media komunikasi sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Proses pengiriman informasi dizaman keemasan ini sangat canggih, teknologi telekomunikasi paling dicari untuk menyampaikan atau mengirimkan informasi ataupun berita karena teknologi telekomunikasi semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akurat, mudah, murah, efektif dan efisien.
 Media Komunikasi Terdiri dari :
·                  Media tulisan atau cetak
                Media yang mengandalkan tulisan atau teks biasanya identik dengan koran, majalah, tabloid dan lain sebagainya yang berasal dari proses pencarian berita, pengumpulan berita, pengolahan berita, percetakan dan sampai pada proses distribusi kepada khalayak.
ü  Kelebihan media cetak adalah:
a) Karena media ini cetak ini hasilnya adalah berupa tulisan atau teks maka media ini bias disimpan dan bisa di baca berulang- ulang.
b) Selain itu juga bisa dikumpulkan dan dibuat kliping, terutama mengenai sebuah berita yang fenomenal ataupun berita- berita yang dianggap menarik.
c) Biasanya informasi didalamnya lebih jelas dan mampu menjelaskan hal- hal yang bersifat kompleks ataupun investigatif.
d) Jika dilihat dari harganya, media cetak bisa di dapat oleh khalayak dengan harga yang cukup murah. Karena dengan biaya yang cukup murah kita bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak.




ü  Untuk kekurangan dari media cetak adalah:
a)      Media cetak lebih lambat penyampaian beritanya dari pada media- media yang lain.
b)       Media cetak hanya terbatas pada tulisan atau teks saja meskipun beberapa didukung oleh foto atau gambar.
c)       Untuk biaya produksi media cetak tergolong mahal, karena media cetak harus dicetak dan didistribusikan sebelum dapat dinikmati masyarakat.
·         Media Gambar
                media gambar atau foto tergolong media yang sering digunakan untuk lebih memeperjelas atau mengabadikan sebuah peristiwa dan kejadian, bahkan sebuah berita terasa kurang jika tidak dilengkapi gambar atau foto. Kekurangan dari media gambar atau foto ini adalah : Media ini tidak akan jelas jika tidak diberi penjelasan yang detail, baik dari segi waktu (hari, tanggal) atau segi kuantitas.
·         Media audio visual atau video(televisi)
                Media audio visual atau video (televisi) merupakan media yang sekarang sedang digemari oleh khalayak. dengan tayangan yang begitu jelas, khalayak bisa melihatnya atau memantaunya berjam- jam, acara dalam televisisipun biasanya dikemas semenarik mungkin sehingga khalayak dari semua kalangan baik anak- anak maupun dewasa menggemarinya.
                Adapun kelebihan dari media audio visual (televisi) ini adalah : Tidak hanya disajikan dalam bentuk suara , tapi televisi juga didukung oleh video yang menarik perhatian penonton, televisi bisa menyajikan laporan langsung dari tempat kejadian dan penonton langsung bisa mengetahui situasi dan keadaan di tempat kejadian perkara, bahasa yang digunakan pada media televisi juga bahasa tutur seperti halnya media audio atau radio.
            Untuk kekurangan dari media televisi adalah : Produksi media televisi masih tergolong mahal, baik dari peralatan dan skill dari SDM nyapun juga harus yang benar- benar mengetahui tentang televise, belum lagi untuk biaya operasional media ini cukup mahal. Proses penyampaian berita ke masyarakat ada kalanya membutuhkan waktu lama karena harus melewati proses pengambilan gambar, editing dan baru bisa disiarkan ke khalayak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar