Minggu, 21 Februari 2016

Pengaruh Negatif Media Massa Terhadap Perkembangan Anak dibawah Umur

Nama               : Maryamatul Munawwarah                Nim                 : 1113111006
MK                  : Filsafat Ilmu                                      Dosen              : Abdul Mukti, MA
Jurusan            : KPI

Pengaruh Negatif Media Massa Terhadap Perkembangan Anak dibawah Umur

Dewasa ini, media massa sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan anak dibawah umur, contoh media massa yang sangat berpengaruh adalah media massa televise, televisi sangat mudah mempengaruhi masyarakat, khususnya anak-anak. Sedangkan pengaruhnya terhadap individu berbeda-beda, tanpa kita sadari media massa telah membawa anak-anak pada pola budaya yang baru dan menentukan pola pikir serta perilakunya.
Namun, dampak yang paling terlihat ditimbulkan media massa beraneka ragam, contohnya : terjadinya menyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh anak-anak dibawah umur dari norma-norma sosial dan nilai-nilai budaya. Dampak lainnya bagi anak-anak dibawah umur yaitu cenderung menuntut segala sesuatu serba instant atau cepat yang mengakibatkan menurunnya minat belajar mereka.
Sedangkan dampak yang paling kontras dirasakan masyarakat khususnya anak dibawah umur ialah perubahan gaya hidup, media massa sangat mempengaruhi gaya hidup yaitu untuk menjadi serupa dengan apa yang ditayangkan oleh media tersebut. Sadar atau tidak masyarakatpun khususnya anak dibawah umur telah masuk kedalamnya bahkan menuntut lebih dari itu, namun kehadiran media massa lebih berpengaruh terhadap generasi muda atau remaja yang sedang berada dalam tahap pencarian jati diri.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar