Sabtu, 20 Februari 2016

STRUKTUR DAN MASYARAKAT (Rangkuman MK Antropologi)

Nama : Maryamatul Munawwarah
NIM  : 1113111006
MK    : Antropologi

STRUKTUR DAN MASYARAKAT

Struktur adalah susunan, strata, atau tingkatan dalam suatu masyarakat, organisasi dan lain-lain. Dengan melakukan pemilihan serta penentuan struktur organisasi yang tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi maka struktur itu akan terarah. Selain itu dengan struktur organisasi yang jelas dan baik maka akan dapat diketahui sampai dimana wewenang dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang dalam menjalankan tugasnya.
           Sedangkan tujuan dalam struktur adalah untuk menentukan hak dan kewajiban, karena dalam struktur masing-masing tingkatan memiliki wewenang atau kapasitas, contohnya : Organisasi Ekonomi, dalam organisasi ini orang-orang yang bersangkutan didalamnya harus mengetahui kode etik dalam kepemerintahannya.
Masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu,  mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok atau kumpulan manusia tersebut. Masyarakat juga disebut  suatu sistem dari kebiasaan dan tata cara, dari wewenang dan kerja sama antara berbagai kelompok dan penggolongan, dari pengawasan tingkah laku serta kebebasan manusia. Masyarakat merupakan jalinan hubungan sosial dan masyarakat selalu berubah. Didalam masyarakat ada beberapa kelas yaitu kelas dominan, kelas menengah, dan kelas popular.
Unsur-unsur suatu masyarakat : Harus ada perkumpulan manusia dan harus banyak, adanya aturan atau undang-undang yang mengatur masyarakat untuk menuju kepada kepentingan dan tujuan bersama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar